Pegas Batang Torsi (Torsion Spring) pada Suspensi. Pada
sistem suspensi
dikenal beberapa macam jenis pegas, seperti pegas daun, pegas coil dan
pegas batang torsi. Dari ketiga pegas tersebut masing-masing memiliki
karakteristik dan kelebihan/kekurangan yang berbeda-beda. Tetapi pada
intinya ketiga pegas tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk
meredam kejutan/getatan yang diakibatkan oleh permukaan jalan yang tidak
rata/bergelombang dan juga
oskilasi kendaraan.
Pada umumnya pegas batang torsi ini digunakan pada mobil-mobil kecil
pada suspensi depan (independent). Pegas batang torsi ini bahannya
terbuat dari baja elastis yang mampu manahan puntiran yang terjadi.
Berikut ini merupakan gambar kontruksi dari pegas batang torsi :
|
Torsion Bar Spring |
Keuntungan Pegas Batang Torsi
|
Pegas Batang Torsi |
- Paling ringan dibanding semua pegas yang digunakan pada kendaraan
- Suspensi dapat dibuat sederhana saat coil spring digunakan.
- Secara efektif menyerap getaran dengan frekuensi yang tinggi.
Kerugian Pegas Batang Torsi
- Produktifitasnya tidak efisien
- Harga agak mahal
Sifat-sifat Pegas Batang Torsi
- Memerlukan sedikit tempat
- Energi yang diabsorsi lebih besar daripada pegas lain
- Tidak mempunyai sifat meredam getaran sendiri
- Dapat menyetel tinggi bebas mobil
- Langkah pemegasan panjang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar